Hak dan Kewajiban Anggota

Keanggotaan GAPENSI terdiri dari :
1. Anggota Biasa, yaitu Badan Usaha Milik Swasta, Koperasi, milik Negara dan milik Daerah yang bergerak di bidang Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi dan telah mendapatkan pengesahan menurut hukum di Negara Republik Indonesia.

2. Anggota Luar Biasa yaitu Badan Usaha yang berbentuk Penanaman Modal Asing (PMA) yang didirikan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Badan Usaha Asing yang beroperasi di Indonesia dalam bidang Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan GAPENSI dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3. Anggota Biasa dan Anggota Luar Biasa tidak boleh merangkap menjadi Anggota/Pengurus pada Asosiasi Perusahaan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi sejenis.

4. Anggota Kehormatan, yaitu Tokoh-tokoh perorangan baik Pemerintah, Pengusaha Nasional dan masyarakat yang dipandang telah berjasa dalam membentuk, membina dan memajukan serta mengembangkan GAPENSI, baik di tingkat Pusat, Daerah maupun Cabang.

5. Anggota Pengawas, yaitu anggota-anggota GAPENSI yang telah berjasa dalam pengembangan GAPENSI, diangkat oleh MUNAS/MUSDA/MUSCAB sesuai dengan tingkatan masing-masing.
Hak Anggota :
1. Anggota Biasa mempunyai :
  • Hak Suara yaitu hak memilih dan hak dipilih serta hak dalam pemungutan suara untuk mengambil keputusan.
  • Hak Bicara yaitu hak mengeluarkan pendapat dan mengajukan pertanyaan.
  • Hak untuk mengikuti kegiatan dan menikmati fasilitas GAPENSI.
  • Hak mengajukan permohonan untuk mendapatkan sertifikat, klasifikasi dan kualifikasi sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh GAPENSI.
2. Anggota Luar Biasa mempunyai :
  • Hak Bicara yaitu hak mengeluarkan pendapat dan mengajukan pertanyaan.
  • Hak untuk mengikuti kegiatan dan menikmati fasilitas GAPENSI
  • Hak mengajukan permohonan untuk mendapatkan sertifikat, klasifikasi dan kualifikasi sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh GAPENSI.
3. Anggota kehormatan mempunyai :
  • Hak Bicara yaitu hak mengeluarkan pendapat dan mengajukan pertanyaan.
  • Hak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan GAPENSI atas undangan Badan Pengurus.
4. Anggota Pengawas mempunyai :
  • Hak Bicara yaitu memberikan pertimbanganpertimbangan dan saran-saran diminta maupun tidak diminta kepada Badan Pengurus.
  • Hak untuk melakukan analisa, menyampaikan analisa perkembangan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi di Tingkat Pusat/Daerah pada setiap akhir tahun dan prediksi perkembangan tahun berikutnya, melakukan pengamatan terhadap masalah-masalah GAPENSI, kelancaran pelaksanaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GAPENSI serta keputusan-keputusan MUNAS/MUSDA/ MUSCAB dan menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk saran-saran, masukan dan nasehat kepada Badan Pengurus untuk diperhatikan.
Kewajiban Anggota :
Setiap Anggota GAPENSI berkewajiban untuk :
1. Mentaati semua ketentuan GAPENSI.
2. Menjaga dan menjunjung tinggi nama baik dan wibawa GAPENSI.